Ayo Bantu NASA Temukan Planet Kesembilan di Tata Surya Kita!

Advertisemen
Sejak Januari tahun lalu, telah dirilis bukti dari sebuah planet yang besar dan misterius bersembunyi di sudut tata surya. Para astronom meminta secara publik untuk membantu mereka menemukannya.

Tak ada satu pun orang yang benar-benar melihat planet yang disebut-sebut sebagai “Planet Kesembilan” ini. Namun para peneliti telah menunjukkan sesuatu yang mengganjal di objek dalam Sabuk Kuiper yang sulit dijelaskan berdasarkan kedelapan planet yang kita tahu.



Calon planet ini cocok dengan model planet kesembilan, yang bisa menghabiskan 20,000 tahun untuk mengorbit ke matahari. Selain itu, ukurannya 10 kali lebih besar daripada Bumi.

Tapi tak seperti yang dikira - tak selamanya sesuatu yang besar itu mudah dilihat.

Para peneliti yang pertama membuat kasus tentang keberadaan planet yang kesembilan ini mengatakan bahwa planet ini terlalu misterius, karena jarak yang sangat jauh sehingga dengan mudahnya “bersembunyi”.

Planet ini diperkirakan memiliki jarak sekitar 149 miliar km (92.6 miliar mil) dari Matahari – atau 75 kali lebih jauh dari planet Pluto.

Jika planet itu ada, Planet ke-9 memiliki ukuran yang besar – mungkin 10 kali lebih besar dari Bumi, namun mengorbit sangat jauh di luar Sabuk Kuiper,” kata seorang astronom Adam Schneider dari Arizona State University, orang baru dalam proyek sains pemburu planet baru.

Namun pastinya planet ini sangat redup dan sulit ditemukan.

Karena saking sulitnya untuk menemukan lebih jelas planet ini, para astronom ingin kita ikut membantu. Makanya mereka meluncurkan sebuah proyek sains baru bernama BackyardWorlds: Planet 9. Berita bagusnya, sobat dapat ikut ambil bagian.

Proyek sains ini meminta para pencinta sains untuk menampilkan video yang dibuat dari gambar-gambar yang diambil oleh Wide-field Infrared Survei Explorer (WISE) milik NASA untuk melihat apakah ada jejak-jejak baru soal planet kesembilan ini.

Video di bawah ini menjelaskan bahwa ada objek di langit yang bergerak berpindah-pindah.




Para astronom meminta bantuan secara publik untuk mencari planet kesembilan ini – atau hal-hal lain yang tersembunyi di antara sudut-sudut tata surya dan bintang terdekat kita selanjutnya.

NASA sudah menjalankan pencarian melalui komputer secara otomatis terhadap daerah-daerah yang memungkinkan untuk menemukan objek luar angkasa yang baru. Namun ini pun terlalu mudah terlewatkan oleh mata kita, karena latar belakang gambar yang buram tak jelas.

Ada yang hanya berjarak empat tahun cahaya antara Neptunus dan ProximaCentauri, yang merupakan bintang terdekat, dan kemungkinan besar wilayah yang luas ini tak dapat dijelajahi,” kata ketua peneliti dari proyek Marc Kuchner, dari Goddard Space Flight Centre-nya NASA.

Dikarenakan kekurangan sinar matahari, bahkan objek besar di daerah tersebut hampir tak bersinar dalam cahaya yang terlihat. Namun dengan melihat melalui infrared, WISE mungkin mempunyai gambaran objek yang sudah kita lewatkan.

Orang-orang yang bergabung dengan Backyard Worlds membawa keahlian-keahlian unik untuk membantu pencarian, yakni kemampuan untuk mengenali pergerakan,” lanjut Schneider.

Namun itu bukan hanya tentang planet yang mungkin sobat lihat saja. Para astronom juga mencari jejak-jejak dari katai coklat (objek kecil yang misterius), yang berada di suatu tempat dengan ukuran antara planet raksasa dengan bintang kecil.

Recommended : Nasa Segera Luncurkan Armada Mikrosatelit Pendeteksi Badai

Objek-objek ini memancarkan sedikit cahaya. Namun bersinar dengan radiasi infrared, yang berarti informasi-informasi tentang objek ini telah diambil oleh WISE. Namun untuk saat ini, tak ada batasan soal sebesar apa katai coklat ini.

Scheneider menjelaskan dengan lebih jelas, “Jika kita menemukan satu saja, lima kali lebih besar daripada Jupiter, dan itu mengorbit ke suatu bintang, kita akan menyebutnya sebagai planet,”.

Namun ada pula objek yang dapat dengan mudahnya dikenali, yang juga dapat melayang-layang di luar angkasa, yang tak terikat oleh bintang apa pun, maka kita menyebutnya sebagai katai coklat.”

Di bawah ini, sobat dapat melihat sesuatu yang sebelumnya dikenal sebagai katai coklat. Di gambar ini, katai coklat adalah titik oranye yang bergerak ke kiri atas di dalam gambar.



Pencarian planet kesembilan ini terus berlangsung yang informasi-informasinya dapat ditemukan di WISE. Sobat dapat bergabung di sini untuk membantu perburuan para astronom mencari planet kesembilan di tata surya kita. Ikut yuuk...

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 TAC TIC TEC NO - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger