Bikeep – Kunci Sepeda Cerdas Berbasis Startup (In Testing by BART)

Bikeep, smart key berbasis startup. Di kota besar, keamanan menjadi sebuah prioritas. Banyak kasus kehilangan barang yang menimpa hampir sebagian besar warganya. Mobil, motor, perhiasaan, dan aneka barang berharga lainnya termasuk diantaranya adalah sepeda.

Bikeep – Kunci Sepeda Cerdas Berbasis Startup


Menyoroti masalah perlindungan keamanan sepeda, di Estonia hadir sebuah startup bernama Bikeep.
Teknologi smart key ini hadir sebagai jawaban terhadap makin maraknya epidemik pencurian sepeda yang melanda kota-kota besar di dunia, termasuk di Amerika.

Sampai saat ini Bikeep mendapat sambutan antusias dari warga AS setelah dirilis pertama kalinya di St. Mission BART, San Fransisco. Stasiun bawah tanah yang cukup padat dan sibuk.

Menurut pengakuan CEO Bikeep, Kristjan Lind, setelah peluncuran 1000 kunci cerdas hingga menembus angka satu juta di seluruh Eropa, tak ada lagi satu pun sepeda yang dicuri.

Mekanisme Bikeep


Kunci Bikeep diaktifkan dengan kartu Clipper (kartu rel transit Bayable Bay).

Setelah proses registrasi, scan kode QR dengan cara mendekatkannya pada smartphone Anda. Clipper card akan terhubung dengan kunci sehingga hanya Anda yang bisa mengakses property tersebut.

Mekanisme Bikeep


Anda bisa membeli aplikasi smart key Bikeep dengan membayar di muka atau berlangganan setiap bulannya. Menurut Lind, sebagian besar pelanggannya memilih untuk membayar dimuka.

Alat ini telah diuji pada motor listrik, sepeda lipat mini, serta sepeda motor konvensional. Dengan mekanisme penguncian logam yang kokoh, Bikeep terbukti sangat cocok untuk segala jenis sepeda.

Seiring makin berkembangnya komunitas e-bike, di masa depan, Lind berencana untuk melengkapi Bikeep dengan recharge system. Selain itu, saat ini timnya sedang mengerjakan aplikasi mobile yang memungkinkan penggunanya  mengontrol dan memantau sepeda dari jarak jauh.

Peluang Pasar Bikeep


Di Eropa juga sedang marak share bike community dimana orang bisa menyewakan sepedanya saat sedang tidak terpakai.

Untuk mengkonsolidasikan proses itu, Bikeep akan merilis aplikasi untuk membantu pemasarannya secara peer-to-peer di wilayah Amerika Serikat.

Di China, startup seperti Ofo dan Mobike telah berhasil membuat bisnis penyediaan sepeda di area metropolitan mengalami demand dengan volume tinggi.

Upaya A.S. dengan program berbagi sepeda di New York City dianggap berhasil meski pada dasarnya masih memerlukan system maintenance sepeda dengan armada yang besar.

Prospek Pasar Bikeep
source image : www.bikeep.com

Prospek Bikeep


Dengan dana terbatas, perusahaan telah mampu melakukan bootstrap sendiri untuk melakukan traksi - meskipun perlu diversifikasi aliran pendapatannya untuk menarik modal institusional. Sebuah target yang sedang dikejar Lind secara aktif.

Begitu aplikasi mobile dirilis ke pasar, Bikeep diprediksi akan mampu menarik dana di muka dari order jangka panjang.

Selain itu, Bikeep juga mengumpulkan biaya transaksional dari jaringan berbagi sepeda peer-to-peer Uber / Airbnb. Aliran pendapatan berorientasi layanan ini dapat membantu perusahaan menghindari pengeluaran biaya yang tak terduga.

Lind mengatakan bahwa A.S. menghimbau kepada masyarakat Eropa untuk menerapkan gaya hidup bersepeda. Bay Area adalah salah satu komunitas bersepeda yang paling aktif. Hal ini mendorongnya untuk memberikan keamanan tambahan sehingga dapat membantu menumbuhkan peluang pasar untuk Bikeep.